Ayo Jelajah Maumere; Festival Budaya, Wisata Alam dan Kuliner

Dibaca 37 kali Administrator Kamis, 14 September 2023 - 21:47:31 WITA Berita

sikkakab.go.id,- Festival Jelajah Maumere ditandai dengan Karnaval Budaya yang dibuka oleh Plt Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Even Edomeko, S.Fil pada hari ini, Kamis (14/09/2023).

Karnaval Budaya ini diikuti oleh Miss Teenager Inter Global NTT 2023, Meiny sersiany yutan. Kirab ini juga menampilkan 12 kelompok budaya Nian Tana. Ciri khas Nian Tana Sikka juga ditampilkan dalam kirab ini, pakaian adat dari 5 etnis suku yang ada di Nian Tana yakni Sikka, Krowe, Lio, Lua (Palue), dan Tana Ai.

Kirab budaya bergerak dari halaman depan Gelora Samador menuju Lapangan Kota Baru. Kirab budaya ini memantik animo masyarakat untuk menyaksikan secara langsung. Drumband SMK Bina Maritim turut membakar suasana kirab budaya ini.

Dalam laporannya, Plt Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka oleh Even Edomeko, S.Fil menyampaikan beberapa hal penting yang menjadi tujuan dari pagelaran Festival Jelajah Maumere ini untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan memasarkan objek wisata di Kabupaten Sikka yang meliputi wisata alam, budaya, dan kuliner yang sangat beragam. Yang tentunya akan bermuara pada peningkatan perekonomian dan juga melestarikan alam dan budaya Nian Tana Sikka.

Even Edomeko menjelaskan, Festival Jelajah Maumere akan berlangsung selama 3 hari, yang dimulai pada hari ini, Kamis 14 September 2023 dan akan berakhir pada hari Sabtu tanggal 16 September 2023.

Jelajah Maumere akan digelar dalam beberapa kegiatan yang terjadi di 3 tempat yang berbeda. Hari pertama pada hari ini Kamis 14 September 2023, bertempat di lapangan Kota Baru Maumere, dengan suguhan beragam aksi antara lain Tarian Manunggo, Tarian Hegong, Tarian Togo Pare, Tarian kreasi Rokatenda, Musik suling, Tarian Kahe Keang, Musik Sora, Tarian Jarang kepang, dan Teatrikal Oambele.

Pada hari kedua; Jumat 15 September 2023, Jelajah Maumere mulai pada pagi hari di lokasi wisata Egon, warga masyarakat diajak untuk menikmati alam andalan desa Egon buluk, menikmati sajian jagung rebus dan lomba vlog pariwisata. Menikmati objek wisata blidit hotspring, musik kampung SMPN 1 Waigete dan SMAN 2 Waigete, dan wisata belanja di Egon.

Pada malam hari kegiatan Jelajah Maumere berfokus di Lapangan Kota Baru yang menyuguhkan sajian musik kampung, antara lain dari SMANDU, Bata Hogor, Bliran Sina, Watu Jajin, Mugen Ledun, BHAKTIARSA, SMANSA, Tawa Tana, Uwun Kloda, Bo'a Joang, dan Tada Bliran.

Pada hari ketiga; Sabtu 16 September 2023 kegiatan Jelajah Maumere berfokus di Kajuwulu. Antara lain Kuliner Kajuwulu,  Fun bike dengan start dari jembatan Dagamage menuju Kajuwulu. Sajian musik Feko Genda, Tarian Jai massal, lomba Vlog Dispar dan menikmati sunset Kajuwulu.

Pada malam hari Jelajah Maumere akan berlangsung di lapangan Kota Baru Maumere, yang menyuguhkan Tarian Reda Wain Egan Liman, Tarian Plewo Plewang, Puisi Daerah, Jay Alex, Grup Hip hop, dan bintang tamu Silet Open Up.

Hadir dalam kesempatan ini, Bupati Sikka, Kepala Dinas Kominfo Sikka, Pimpinan OPD, dan warga masyarakat Nian Tana. ** (Astin)


Statistik Web