Sikka Wakili NTT Ikut PDIC

Dibaca 99 kali Administrator Selasa, 28 Juni 2022 - 10:40:50 WITA Berita

Sikka,- Agnes Rini Viana, atau yang biasa disapa Rinil, merupakan atlet pencak silat Perisai Diri asal Kabupaten Sikka yang akan mewakili NTT dalam kejuaraan olahraga bergengsi yakni Perisai Diri Internasional Championship (PDIC) yang akan berlangsung pada tanggal 1 - 8 Juli 2022 di GOR Lila Buana Denpasar.

PDIC (Perisai Diri Internasional Championship), akan diikuti 29 Pengprov PD di Indonesia dan 10 komisariat PD luar yakni Inggris, Swiss, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Belanda, Perancis, Australia, dan Timor Leste. Rinil, lahir di Jakarta 19 Juli 1996. Anak ke tiga dari 6 bersaudara. Sang Ayah berasal dari Maumere Gehak dan Ibu berasal dari Jawa Timur.

Rinil yang berprofesi sebagai PNS pada DPPKAD Kabupaten Sikka. Ketika ditemui di Ruang Kerjanya, Jl.Kartini, Senin (27/06/2022) pagi, menuturkan kecintaannya pada olahraga Perisai Diri telah ada sejak duduk di kelas 6 SD.

Awal mula  ketertarikannya boleh dibilang unik. Ini bermula saat ia melihat para atlet PD yang sedang berlatih. Rinil mengira, papan nama yang bertuliskan PD SIKKA, bermakna percaya diri Sikka.  

Sebagai pelajar SD saat itu, Rinil mengira PD Sikka merupakan sebuah tempat untuk menempa rasa percaya diri. Mengingat kecintaannya yang besar pada dunia fashion saat itu, Rinil memutuskan untuk bergabung dengan tujuan untuk mendapatkan rasa percaya diri yang nantinya sangat berguna baginya untuk mengembangkan kecintaannya pada dunia fashion. Seiring berjalannya waktu, perlahan-lahan muncul rasa tertarik dan mulai menekuni dengan serius olahraga silat Perisai Diri.

Berbagai prestasi telah berhasil ia raih. Hingga mengantarnya pada kejuaraan Perisai Diri Internasional yang akan datang. Pada kejuaraan kali ini, Rinil akan turun di kategori Serang Hindar Putri.

Ketika ditanya soal tantangan yang dihadapi selama menekuni olahraga silat Perisai Diri, gadis cantik berdarah Maumere - Jawa Timur ini mengatakan, tidak ada rintangan yang cukup berarti, mengingat selama menekuni olahraga tersebut, Rinil mendapat dukungan yang solid dari keluarga, pelatih dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka.

Dengan dukungan yang ada tersebut, Rinil bisa mengeluarkan bakat dan kemampuannya secara optimal. Atlet cantik jebolan Politeknik Kupang ini mengaku sangat senang menekuni olahraga Silat PD, karena selain memetik prestasi, ia juga dapat melakukan traveling, mengingat kegiatan perlombaan dilakukan di berbagai tempat yang berbeda, banyak teman dan pengalaman di samping berbagai bonus yang tersedia.

Pada kejuaraan PDIC mendatang, Rinil berharap dapat memetik hasil yang maksimal sehingga dapat membanggakan Nusa Tenggara Timur dan khususnya Nian Tana Sikka dan memajukan olahraga Silat PD Nian Tana. Ia juga berharap, para generasi muda Sikka dapat mengembangkan bakat dan minatnya secara positif, dan terlibat aktif dalam kegiatan - kegiatan muda yang bermanfaat.

Pada kesempatan itu, Rinil juga membagikan tips bagi para generasi muda Nian Tana untuk cerdas membagi waktu dalam menjalankan minatnya. Ia menekankan pentingnya pendidikan bagi generasi muda, apapun minat yang ditekuni, tidak boleh meninggalkan sekolah. Singkatnya, apapun minat yang dijalankan, minat tersebut mestilah yang positif dan sekolah adalah prioritas utama. ** (AJ/PFI)


Statistik Web