BUPATI HIMBAU WARGA SIKKA MANFAATKAN LAHAN TIDUR

Dibaca 30 kali Administrator Rabu, 22 Juni 2022 - 09:43:55 WITA Berita

BUPATI HIMBAU WARGA SIKKA MANFAATKAN LAHAN TIDUR

Magepanda - Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, menghimbau masyarakat Kabupaten Sikka untuk memanfaatkan lahan tidur secara maksimal. 

Demikian hal ini diutarakan Bupati Sikka pada Acara Peringatan Hari Krida Pertanian Tahun 2022 sekaligus Pencanangan dan Penanaman Jagung Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) Pola Kemitraan Periode Tanam April - September (ASEP) 2022. Di Halaman BPP Kecamatan Magepanda, Selasa (21/06/2022) siang.

Lebih lanjut Bupati Sikka menjelaskan bahwa pemanfaatan lahan tidur dengan menanam tanaman pertanian dan komoditi seperti kelapa, vanili, porang dan lainnya  guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dalam keluarga.

"lahan tidur selain untuk tanaman pertanian dan komoditi, saya juga mengajak masyarakat untuk membuka tambak guna membudidaya udang. Pasalnya pasaran udang di Maumere cukup tinggi namun udang yang ada didatangkan dari luar" Jelas Bupati Sikka.

Untuk diketahui bahwa luas lahan pertanian di Kabupaten Sikka ada 173 ribu hektar, dan baru dimanfaatkan 150 ribu hektar dan sisanya 23 ribu hektar menjadi lahan tidur. Untuk itu para penyuluh supaya melakukan pendampingan kepada para petani untuk memanfaatkan lahan tidur.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka Jemmy Satriawan Sadipun, dalam laporan panitia mengatakan bahwa momen peringatan hari Krida ke 50 ini menjadi moment evaluasi bagi kita pelaku pertanian.

"hari ini adalah moment baik bagi kita untuk melakukan evaluasi bidang pertanian, sebab sektor pertanian memberi kontribusi yang besar terhadap perekonomian nasional dan daerah" demikian Jemmy Sadipun.
 
Hadir pada kegiatan ini Ketua DPRD Kabupaten Sikka Donatus David, SH. DANLANAL Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, MM. CTMP. Perwakilan Forkopimda, Pimpinan OPD, Para Camat, Penyuluh Pertanian, Kelompok Tani dan undangan lainnya.

Laporan Panitia Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka Jemmy Sadipun,

Pada Peringatan Hari Krida ke 50, Bupati Sikka didampingin DANLANAL Maumere, Kepala Dinas Pertanian dan Perwakilan Unsur Forkopimda serta Camat Magepanda melakukan penanaman jagung di lahan yang telah disiapkan. (djo)


Statistik Web