MAPALA UNIPA HIJAUKAN WAIR TOKE

Dibaca 249 kali Administrator Selasa, 23 Mei 2017 - 11:32:24 WITA Berita

Mapitara.- Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS), 20 Mei 2017, Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA)  Universitas Nusa Nipa Maumere, bersama Wahana Tani Mandiri (WTM) dan siswa-siswi SD Inpres Hebing dan Masyarakat Dusun Hebing melakukan penghijauan di Kawasan Wair Toke, Desa Hebing Kecamatan Mapitara.

Selain melakukan penghijauan di Areal Mata Air Wair Toke juga diselenggarakan antara lain Nonton Bareng film Kartun Lingkungan, Gerakan Penghijauan Mata Air dan Bhakti Sosial di kawasan Wisata Air terjun Wai Ara.

Kegiatan penghijauan dihadiri,  Kepala Desa Hebing Polikarpus, Kepala SDI Hebing Rikarda Lodan,  Ketua MAPALA Unipa Maumere Sandi Arianto dan Ketua Panitia Penyelenggara Tin Bujak  dan Koordinator Advokasi WTM Wihelmus Woda dan Fasilitator Lapangan WTM Marianus Mayolis

Jenis pohon yang ditanam perserta di Wair Toke, diantaranya: Beringin, Waru dan tranbesi. Beberapa pohon ini menjadi pilihan karena akan mendatangkan air di masa yang akan datang.  Acara ini buka oleh Kepala Dusun Hebing Sensimus Bajo.

Dalam sambutannya, Sensimus mengatakan bahwa gerakan ini dilakukan sebagai kelanjutan dari kegiatan-kegiatan yang selama ini masyarakat sudah jalankan. Penghijauan ini dilakukan sebagai upaya penyelamatan kawasan Egon Ilimedo.

 

 

Sedangkan menurut Koordinator Advokasi Wilhelmus Woda, bahwa kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang mana ingin mendorong keterlibatan para pihak terutama siswa siswi SD Hebing yang kemudian bukan hanya menanam tetapi harus didorong sampai pada penyulalman dan pemeliharaan. Sehingga sejak dini mereka sudah ditanamkan sebuah semangat hijau yakni bagaimana menyelamatkan lingkungan hidup. (arnolwelin/ foto: Chen Chabaresy)


Statistik Web