Akunitas Sikka Gelar Mini Expo Tampilkan Produk Lokal Karya Anak Nian Tanah

Dibaca 19 kali Administrator Selasa, 06 April 2021 - 10:05:52 WITA Berita

Sikka,- Asosiasi Pelaku Usaha Unitas (Akunitas) Cabang Sikka, menggelar mini expo dengan menampilkan beragam produk lokal hasilkan karya anak nian tanah.

Kegiatan mini expo berlangsung, Rabu (31/03/2021) bertempat di Hotel Wailiti, Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka.

Ketua Akunitas Sikka Theresia Isidorus Fernandez, saat diwawancarai oleh media ini usai kegiatan di hotel Wailiti beliau Mengatakan bahwa kegiatan mini expo ini merupakan program kerja bulanan dari Akunitas Sikka.

Kegiatan mini expo ini menampilkan berbagai jenis hasil kerajinan tangan peserta pelaku UMKM Sikka seperti Makanan dalam kemasan, Olahan unggulan, Kopi, Madu, tenun ikat, dan yang lainnya. Kegiatan ini disponsori oleh Kopdit Pintu Air dan Bank BNI cabang Maumere.

Dikatakan Isye bahwa organisasi Akunitas ini baru terbentuk baru tiga bulan, tapi kami bertekad untuk menjadikan akunitas ini naik kelas dan sesui dengan visi misinya maju bersama, mandiri, dan bersaing, ungkapnya.
Lanjutnya kegiatan ini memancing para peserta untuk tetap bergerak dan menciptakan produk-produk lokal sekalipun dimasa pandemi akan tetapi harus tetap berusaha.

Disinggung terkait antusias dari para peserta ia menjelaskan bahwa antusias sangat luar biasa. Artinya ekonomi kita sedang bergerak dan kita harus mempunya akses dan terget pasar yang bersaing, produk jual harus keluar, mini expo dari kemasan biasa menjadi kemasan yang premium, pungkasnya.

Harapan kedepannya kata Isye kepada para pelaku usaha harus konsisten, terus berproduksi baik pasar lesu maupun pasar rame, terus lakukan dan terus pasarkan produk produk yang dihasilkan.
Kepada Pemerintah ia berharap agar dapat mengakomodir dan mendorong para pelaku usaha dengan pelatihan pelatihan bidang usaha.

Sementara itu ketua panita kegiatan mini Ekspo, Willfridus Erro kepada media ini mengatakan bahwa para UMKM sudah mempunyai brand. Akan tetapi harus gencar melakukan  promosi dengan berbagai cara dan strategi.

Selain itu, kata Willy pria yang akrab disapa, para pelaku usaha harus menjalin banyak relasi dan membangun jaringan serta bersinergi dengan para pihak diantaranya seperti para pelaku Pariwisata, driver, guide dan Media. Selalu membangun kerjasama dengan mereka-mereka ini, agar usaha kita tidak hanya berdiri di tempat, tapi bisa bersaing keluar, ungkap pria berambut gimbal ini.

Hadir pada kegiatan tersebut Tim Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (RI), Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka Maria Cahyani Idong, Manager Pintu Air bersama Tim, perwakilan dan BNI cabang Maumere, dan para tamu undangan lainnya.

Acara ini dimeriahkan dengan tarian dan musik tradisional gong waning dari Sanggar Budaya Doka Tawa Tanah dibawah pimpinan Bapak Kletus Beru. (Liput:Chen/FD)


Statistik Web