Gunting Pita Luncurkan SPBUN, Solar Subsidi Untuk Nelayan

Dibaca 38 kali Administrator Rabu, 20 Januari 2021 - 14:17:09 WITA Berita

Sikka,- Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo S. Sos, Msi meluncurkan atau meresmikan kembali SPBUN  59.861.01 di pelabuhan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Maumere. Peluncuran SPBUN ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Roby Idong, Rabu (20/01/2021).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sikka Paulus Bangkur dalam laporannya beliau mengatakan bahwa kebutuhan dasar solar untuk para nelayan di Kabupaten Sikka sangat tinggi. Solar tersebut dibutuhkan oleh para nelayan dalam melakukan aktifitas penangkapan ikan di wilayah perairan Kabupaten Sikka.

Dikatakan Paulus bahwa SPBU ini sudah lama berdiri dan dikelola oleh Koperasi pesisir Sikka. Selanjutnya beberapa tahun terakhir mulai vakum dan sekarang kembali beroperasi dan dikelola oleh PT Putra Mandiri Maumere, dengan Direktur utamanya Jones Jensen.

Lanjutnya aset ini milik Pemda Sikka dan dikelola oleh pihak kedua yakni PT Putra Mandiri dengan target pemasukan untuk daerah 46 juta pertahun.

Pihaknya juga berterimakasih kepada Pertamina dalam proses pemenuhan kebutuhan solar untuk para nelayan. Saat ini kita sedang fokus Investasi dalam pelayanan kepada masyarakat

Agar kedepannya nelayan tidak lagi mengeluh terkait dengan kebutuhan solar. Dan hari ini Bupati Sikka meluncurkan kembali SPBUN ini ungkapnya.Target pelayanan solar ini untuk para nelayan dari pulau, Wuring dan Nangahure.

Sementara itu Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo dalam sambutannya beliau berterima kasih kepada Pertamina, yang telah memfasilitasi dan membimbing dengan caranya tersendiri  sehingga SPBUN ini kembali beroperasi, dan di kelola oleh PT Putra Mandiri  dengan Direktur utamanya bapak Jones Jensen.

Ini sebagai bukti nyata pemerintah bersama mitra dalam fokus pelayanan pemenuhan kebutuhan kepada para nelayan.

Roby Idong juga menegaskan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan harus lebih sungguh dalam memperhatikan dan memfasilitasi para nelayan dalam proses pencarian ikan.

 "Nelayan harus diperhatikan tidak boleh mempersulit, urat nadi ekonomi masyarakat Kabupaten Sikka dalam hal ini para nelayan mereka memproduksi 50 ribu ton pertahun" pungkasnya.

Ia berharap kepada PT Putra Mandiri untuk menjalin kerja sama yang baik dalam membangun kabupaten ini dan semoga SPBUN ini dapat berjalan dengan lancar dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat nelayan.

Stasiun akan berjalan dengan baik untuk proses pekayana kepada masyarakat. Tolong protokol kesehatan dijaga dengan Baik.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekda Sikka Adrianus Firminus Parera Ketua TP PKK Kabupaten Sikka Maria Cahyani Idong, Kadis Kelautan dan Perikanan Paulus Bangkur, Dirut PT Putra Mandiri Jones Jensen, para pimpinan OPD dan undangan lainnya. (Liput:Chen/FD)


Statistik Web