KPU Kabupaten Sikka Launching Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum

Dibaca 54 kali Administrator Rabu, 16 Desember 2020 - 10:36:54 WITA Berita

Sikka,- Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Sikka Melaunching Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum atau disingkat JDIH. Kegiatan yang berlangsung, [15/12/2020] bertermpat di Aula Gedung KPU Kabupaten Sikka, Jln. Eltari, Kelurahan Kota Uneng,  Kecamatan Alok Kabupaten Sikka.

Ketua KPU Kabupaten Sikka Yohanes K.Feri dalam sambutannya beliau menyampaikan soal dasar hukum terbentuknya JDIH KPU Kabupaten Sikka. Dasar hukum terbentuknya JDIH KPU Kabupaten Sikka mengacu pada,
Perpres No. 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, Permenkumham No. 8 Tahun 2019 tentang Standar Pengelolaan Dokumentasi dan Informasi Hukum, Keputusan KPU No. 134 Tahun 2016 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum KPU, Keputusan KPU RI No. 533 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

“ Tambahan penjelasan : tujuan pengelolaan dokumen hukum dalam JDIH adalah memudahkan dalam pencarian dokumen, menjamin keselamatan dan keamanan dokumen, kerapian dalam penyimpanan dokumen. Ini semua akan menjadi jejak digital bagi penyelengaraan  Pemilihan Umum di waktu-waktu yang akan datang  “ungkap Feri.
 
Lanjutnya ia juga menyampaikan jenis dokumen produk hukum terdapat dokumen peraturan perundang - undangan yang meliputi : Peraturan KPU, Keputusan KPU dan Keputusan Sekretaris KPU dan Dokuemn Non Peraturan Perundang-Uandangan meliputi: Surat Dinas / Edaran, Monografi Hukum dan Putusan Pengadilan.

Sementara itu  Herimanto selaku Ketua Divis Hukum dan Pengawasan sekaligus jubir KPU Sikka,  menekankan tentang pentingnya pengelolaan produk hukum dalam media JDIH sebagai sarana pembangunan di bidang hukum; penyebarluasan dan pemahaman pengetahuan hukum dan media pencarian dan penelusuran peraturan perundang-undangan dan dokumentasi hukum.

Informasi yang di terima oleh media ini bahwa kegiatan tersebut  dimuai pada  jam 09.30 Wita yang ditandai dengan pembukaan Tirai. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua dan Anggota KPU Sikka, Bawaslu Sikka, Kesbangpol Kabupaten Sikka, Partai Politik tingkat Kabupaten Sikka dan Sekretaris serta  jajaran staf  KPU Kabupaten Sikka. [Liput:Chen/FD]


Statistik Web