60 GURU DI KABUPATEN SIKKA IKUT LOKAKARYA PROGRAM GURU PENGGERAK

Dibaca 79 kali Administrator Selasa, 15 Desember 2020 - 08:48:56 WITA Berita

Sikka,- Salah satu Program Kementerian Pendidikan dan KebudayaanRepublik Indonesia adalah program pendidikan guru penggerak.
Meski menggunakan moda daring karena masa pandemi,namun antusiasme 60 orang guru penggerak di Kabupaten Sikka terlihat sangat tinggi dalam mengikuti program lokakarya pendidikan guru penggerak yang telah berlangsung , [12/12/2020] di Aula Hotel Sylvia Maumere.
Tak hanya guru penggerak, sebagaian besar kepala sekolah juga turut mengikuti program yang diselenggarakan oleh P4TK Penjas - BK Kemendikbud tersebut.
Pada lokakarya tersebut, para peserta melakukan diskusi dan simulasi tentang program pendidikan guru penggerak, utamanya tentang harapan dan kekawatiran terhadap pelaksanaan program, serta komitmen untuk melaksanakan program.
Meski dilakukan secara daring, namun peserta tidak terlihat bosan karena pendamping mengelola kelas guru penggerak dengan sangat baik.
Ketua pendamping guru penggerak P4TK Penjas - Bimbingan Konseling (BK) Kabupaten Sikka Plasidius Abdon,S.Pd  dalam sambutannya mengungkapkan bahwa program guru pengerak in merupakan rangkaian panjang dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas guru.
Menurutnya, sebagian besar di  Kabupaten Sikka pihaknya akan mendukung penuh program ini agar transformasi pendidikan di kabupaten sikka bisa dilaksanakan dengan sebaik - baiknya.
Guru penggerak ini sangat penting potensial untuk mentransformasi dan menginspirasi karena mereka adalah agen - agen yang akan menjaga kebinekaan dan juga nilai pancasila.
Saya berharap semoga lokakarya hari ini para guru bisa menjadi ritme kerjanya.
Kepala P4Tk – Penjas - Bimbingan Konseling Susanto,S.Pd,M.pd dalam sambutannya juga menekankan esensi tujuan program pendidikan guru penggerak untuk menciptakan sumber daya manusia unggul.
Pengembangan sdm unggul tersebut harus bersifat holistik dan tidak berfokus pada kemampuan kognitif saja.
Ia menambahkan, guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang menggerakan seluruh ekositem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat kepada peserta didik. [Liput:Hiro/FD].


Statistik Web