FORUM BELARASA DISABILITAS NIAN SIKKA (FORSADIKA) LAKUKAN SOSIALISASI PEMAHAMAN TENTANG ISU DISABILITAS

Dibaca 52 kali Administrator Kamis, 10 Desember 2020 - 08:47:27 WITA Berita

Sikka,- Forum Belarasa Disabilitas Nian Sikka (FORSADIKA) bertekad untuk terus Memberikan sosialisasi kepada semua pemangku kepentingan terkait dengan isu disabilitas.
Hal ini disampaikan ketua Forsadika Nona M. Norma Yunita Ngewi dalam Memperingati Hari Disabilitas Internasional, Minggu [06/12/2020] yang  berlangsung di Kapela St. Yohanes Pemandi Paga.
Kepada media ini, norma yunita menyampaikan bahwa Forsadika ini merupakan forum disabilitas  yang  difasilitasi oleh Yayasan Caritas Keuskupan Maumere dan berdiri dengan akta resminya sejak tanggal 19 September 2018.
Sejak terbentuknya Forsadika telah mengadvokasi Polres Sikka dalam memfasilitasi 2 orang disabilitas untuk mendapatkan SIM D (Sim Khusus Untuk Motor 3 Roda).
Menurutnya, dukungan Pemerintah kepada kaum disabilitas ini memang sangat diperlukan. yang dibutuhkan saat ini adalah aksebilitas dengan adanya regulasi di tingkat daerah yang mendukung regulasi tingkat nasional dengan adanya peraturan daerah, sehingga hak-hak kaum disabilitas ini bisa diakomodir.
Norma melanjutkan bahwa untuk mencapai hal ini kami selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan memberikan advokasi untuk terus melakukan sosialisasi tentang pemahaman terhadap isu disabilitas kepada seluruh pemangku kepentingan, karena menurutnya, apalah artinya peraturan daerah jika pemahaman tentang isu disabilitas ini belum dipahami secara baik oleh seluruh lapisan masyarakat.
Sementara itu, ketua panitia penyelenggara kegiatan hdi, paul vdj mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah kegiatan dalam rangka melahirkan sebuah Perbub yang  akan memperjuangkan hak - hak disabilitas.
Menurutnya, kegiatan HDI tahun ini dipercayakan kepada Organisasi PADI (Paga Difabel)  sebagai panitia penyelenggara, karena padi merupakan organisasi difabel pertama yang dibentuk ditingkat Kecamatan.
Dirinya berharap agar organisasi difabel ini bisa segera dibentuk dikecamatan - kecamatan lain.
[Liput:Hiro/FD]


Statistik Web