DINAS KESEHATAN PROVINSI NTT GELAR KEGIATAN ADVOKASI LINTAS SEKTOR DAN LINTAS PROGRAM UNTUK PEMBUDAYAAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT

Dibaca 19 kali Administrator Rabu, 18 November 2020 - 08:02:09 WITA Berita

Sikka,- Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka menggelar kegiatan Advokasi Lintas Sektor Dan Lintas Program Untuk Pembudayaan Masyarakat Hidup Sehat [GERMAS] yang bertempat di Aulla Hotel Sylvia Maumere Kabupaten Sikka, Jumad [13/11/2020].

Kegiatan advokasi lintas sektor dan lintas program untuk pembudayaan masyarakat hidup sehat mengangkut berapa isu kesehatan yang harus diselesaikan antara lain peningkatan aktifitas fisik,peningkatan perilaku hidup sehat,penyediaan pangan sehat dan perecepatan perbaikan gizi,peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit,dan peningkatan edukasi hidup sehat.

Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinas Provinsi Nusa Tenggara Timur Dona P.Hutahaean,SKM,M.KES dalam laporan panitia menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapat dukungan dari pengambil kebijakan dalam pelaksanaan germas dan adanya komitmen atau dukungan dari pengambil kebijakan untuk tersedianya kebijakan atau regulasi tentang GERMAS, serta adanya kesepakatan untuk lebih mengoptimalkan pelaksaaanaan GERMAS di Kabupaten Sikka.

Wakil Bupati Sikka dalam sambutanya mengatakan bahwa komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat [GERMAS] dalam upaya Penguatan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat [PHBS] dapat dilakukan melalui beberapa aksi yakni peningkatan aktifitas fisik,peningkatan perilaku hidup sehat,penyediaan pangan sehat dan percepatan pewrbaikan gizi dan peningkatan pencegahan serta deteksi penyakit dini.

Selain itu masi ada peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat yang masi perlu mendapat prhatian kita bersama.
lebih lanjut dikatakan Wakil Bupati Sikka,Kegiatan ini penting sehingga kepada lintas sektor,dan OPD terkait sangat penting untuk terlibat karean berbicara tentang kesehatan untuk membuat masyarakat terbiasa hidup sehat dan mengerti maka para pelaku kepentingan harus paham dengan baik,sehingga kepada kita yang hadir harus tau hidup sehat.

Wajib hukumnnya tau sehat supaya kita bisa tangani kesehatan dengan baik sehingga peran lintas sektor  ini sangat penting.
oleh karena itu mari kita belajar supaya kita jadi bisa menjadi agen dan pelaku yang memberikan edukasi,penyuluhan dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat ketika kita berada ditengah - tengah masyarakat.

Peserta yang hadir dalam mengikuti kegiatan ini Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, Kepala Bidang Pelayanan Medik Rumah Sakit Yohanis Kupang Apolonaris Berkanis, Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinas Profinsi NTT Dona P.Huta Haean,SKM.M.KES, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Sikka, serta para tamu undangan lainnya. [Liput:Hiro/FD]


Statistik Web