PKK HARUS BERINOVASI DAN BERKREATIFITAS SESUAI POTENSI DAERAH

Dibaca 420 kali Administrator Senin, 22 Mei 2017 - 10:39:07 WITA Berita

 

PaluE.- Alasan perlunya akselerasi atau percepatan program itu didasarkan pada kenyataan, bahwa selama ini kita melaksanakan 10 Program Pokok PKK secara normative, bahkan cenderung merupakan rutinitas. Padahal perkembangan program masyarakat maupun program Pemerintah pada dewasa ini, berkembang begitu pesat dan sangat bervariasi. 10 Program Pokok PKK itu ada kemungkinan juga ada program spesifik daerah sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah. PKK agar senantiasa berinovasi mengembangkan kreativitas program sesuai dengan Potensi dan kebutuhan masing-masing daerah.

Hal ini dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Pusat NY. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutan yang di bacakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka Ny. Irma Tibuludji saat menghadiri kegiatan pencanangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 14, Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) PKK ke 45 dan Hari Keluarga (HARGA) ke 24 Tingkat Kabupaten Sikka tahun 2017 bertempat di Dusun Uwa, Desa Maluriwu Kecamatan Palue Kabupaten Sikka Kamis (18/05/2017).

Menurut Guntarti tumbuhkan ide-ide inovatif seraya kembangkan jalinan kerja sama dengan mitra kerja PKK dalam rangka perkembangan dan akselerasi Program-program PKK. Di samping itu, sejumlah program kerja sama yang dipayungi dalam Naskah Kesepakatan Bersama atau MoU dengan beberapa Kementerian dan Lembaga telah pula kita lakukan, seperti MoU dengan Kementerian Pertanian, dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), kemudian dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan lain-lainnya.

Sudah saatnya kita juga perlu mengimbangi prinsip kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan program-programnya, yakni kerja, kerja dan kerja, meskipun kita menyesuaikannya dalam skala Gerakan PKK.

Konsekuensi diperlukannya kesiapan peningkatan keterampilan teknis dan manejerial segenap jajaran Tim Penggerak PKK. Untuk itu, kalau memang dipandang perlu, buatlah program pelatihan teknis dan manajerial sesuai kepentingannya bagi jajaran Tim Penggerak PKK. Arahnya adalah, agar Tim Penggerak PKK di setiap jenjang menjadi tahu, mau dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya. Kata Guntarti.

Seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada Kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program PKK.

“Dalam melaksanakan 10 Program PKK maupun program-program lainnya yang bersifat koordinatif dan kerja sama antar lembaga, diharapkan kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK, agar melaksanakan tugas dan fungsi kita sebagaimana ketentuan yang ada. Prinsip kemitraan dan kerelawanan dalam fungsi Tim Penggerak PKK harus kita pegang teguh. Bahwa prinsip kemitraan dan kesetaraan di antara kita dengan mitra kerja kita. Sedangkan prinsip kerelawanan itu berarti tanpa pamrih. Oleh karena itu, janganlah pernah merasa berat, dan jangan pula menjadi beban dalam pengabdian kita untuk ikut meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat.” harap Guntarti.

Kepala Bidang Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sikka, Dahlan, SE. dalam laporannya menjelaskan tujuan Pelaksanaan Kegiatan BBGRM, HKG PKK dan Hari Keluarga yakni  pertama meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan masyarakat, kedua meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan, ketiga meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam membangun diri dan lingkungannya secara mandiri, keempat meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dan yang kelima mendorong semangat Tim Penggerak PKK untuk berpartisipasi dalam pembangunan baik di tingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten melalui kegiatan 10 Program Pokok PKK sehingga dapat menciptakan kehidupan Rumah Tangga dan Keluarga yang bahagia dan sejahtera. (lorenzn)


Statistik Web