PEMERINTAH AKAN CANANG GERAKAN PSN

Dibaca 126 kali Administrator Senin, 02 Maret 2020 - 19:17:31 WITA Berita

Pemerintah Kabupaten Sikka akan mencanangkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk [PSN], dengan gerakan PSN selama empat belas hari ke depan.

Demikian hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka, Kensius Didimus, Senin [02/03/2020] siang.

Lebih lanjut, Kensius menjelaskan bahwa telah digelar rapat koordinasi yang di pimpin langsung Bupati Sikka dan Wakil Bupati Sikka dihadiri Ketua DPRD Sikka Donatus David, Wakil Ketua DPRD Yoseph Karmianto Eri, Jajaran Forkompimda, Yaspem, Caritas, Dinas Kesehatan, Direktur RSUD dr TC Hillers Maumere, serta OPD terkait.

"Dalam Rakor ini, Bupati mengambil keputusan untuk mencanangkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan melibatkan semua pihak dari tingkat Kabupaten hingga ke RT RW. Gerakan PSN akan digelar selama dua minggu ke depan sejak Selasa [03/03/ 2020]" demikian Kensius Didimus.

Lanjut Kensius, berdasarkan informasi dari Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus, menyebutkan bahwa hingga Senin (02/03/2020) siang tercatat sudah ditangani 1.057 Kasus DBD dengan 11 orang meninggal.

Perlu diketahui bahwa 11 orang meninggal ini dengan indikasi sudah pada fase shock akibat Virus DBD baru dibawah tempat pelayanan kesehatan. Hal ini dipicu karena keterbatasan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan upaya pencegahan DBD yang masih minim.

“untuk itu kepada Masyarakat Kabupaten Sikka sangat diharapkan supaya segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan bila ada anggota keluarga yang mengalami demam tinggi, sehingga mendapat pelayanan kesehatan secara baik” harap Kensius.

Menutup Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penanggulangan DBD Paska penetapan KLB DBD, Bupati Sikka menetapkan,

Pertama ; 14 hari berturut turut, sejak Selasa (03/03/2020) sebagai gerakan masal untuk berantas sarang nyamuk dengan melibatkan semua pihak dari tingkat Kabupaten hingga RT dan RW serta Masyarakat se Kabupaten Sikka.

Kedua ; Menggalakan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) berkelanjutan menuju Sikka Bebas DBD.

Ketiga ;  Membentuk Tim Operasional Pemberantasan DBD, dan

Keempat ; akan mengeluarkan Peraturan Bupati terkait masalah dan penanganan serta penanggulangan DBD.***


Statistik Web