Rapat Koordinasi Keluarga Harapan

Dibaca 89 kali Administrator Rabu, 19 Februari 2020 - 08:22:47 WITA Berita

Sikka.- Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan upaya Pemerintah memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin, sebagian upaya dari penanggulangan kemiskinan melalui pemberian bantuan dana tunai bersyarat, program ini diharapakan dalam jangka pendek mampu membantu keluarga miskin, mengurangi beban pengeluaran dan dalam jangka menengah diharapkan mampu menciptakan perubahan perilaku peserta dalam mengakses layanan fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, dan kesejahteraan sosial sehingga menghasilkan generasi yang lebih sehat dan cerdas.

Untuk memantapkan pelaksanaan program PKH ini, Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Dinas Sosial mengadakan rapat koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH), yang berlangsung di Aula Gedung Sikka Convention Centre Maumere, Senin (20/01/2020).

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dalam sambutanya menyampaikan bahwa dalam penanganan penanggulangan kemiskinan beberapa program yang menjadi fokus pemerintah, salah satunya adalah membangun dan menyempurnakan sistem perlindungann sosial bagi masyarakat miskin, yang bertujuan untuk melindungi penduduk miskin dari kemungkinan ketidakmampuan menghadapi guncangan sosial dan ekonomi, dimana program teknisnya, salah satunya adalah melalui pelaksanaan program keluarga harapan.

Lanjut Bupati Sikka, terdapat 3 komponen yang didukung melalui PKH yaitu, pengurangan penduduk miskin, pencapaian pendidikan dasar, dan kesejahteraan gender. Hal ini perlu menjadi perhatian kita semua dengan selalu bersinergi dalam pelaksaanaan program penanggulangan kemiskinan.

’’ Oleh karena itu melalui pertemuan ini saya sangat mengharapkan kepada kita semua selaku Skateholders dalam penanganan penanggulangan kemiskinan untuk memperhaikan beberapa hal karena program PKH adalah program lintas sektor maka diharapkan kepada instansi terkait yang telah tergabung dalam tim koordinasi teknis PKH harus dapat bekerjasama dan meningkatkan kordinasi dalam melaksanakan program keluarga harapan.

Lebih lanjut dikatakan Bupati Sikka di depan para peserta bahwa tim koordinasi teknis PKH Yang menjadi saluran utama informasi program ke berbagai pihak agar lebih responsive dalam member pelayanan dan menyelesaikan masalah pengadaan fasilitas pelayanan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial, begitu juga kepada para pendamping merupakan actor penting dalam mensukseskan PKH.

Semoga melalui program PKH yang merupakan tanggung jawab kita bersama dapat menjawab target penurunan angka kemiskinan khususnya di Kabupaten Sikka. Turut hadir dalam mengikuti kegiatan ini, Wakil Bupati Sikka, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sikka, ParaCamat, Para Kepala Desa, Para Pendamping Keluarga Harapan, dan Para tamu undangan lainnya. (LiputanHironimus Reporter Radio SuaraSikka).


Statistik Web