RAPAT KOORDINASI PERCEPATAN CAKUPAN KEPEMILIKAN AKTA KELAHIRAN ANAK USIA O - 18 TAHUN

Dibaca 39 kali Administrator Kamis, 21 November 2019 - 10:18:17 WITA Berita

Sikka,- Pemerintah Kabupaten Sikka terus berupaya  mempermudah pelayanan bagi masyarakat di Kabupaten Sikka, hal tersebut sebagaimana keinginan dari Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, yang menghendaki setiap pelayanan yang berhubungan dengan masyarakat agar dipermudah dan sesuai aturan yang berlaku.

Satu dari pelayanan yang dipermudah oleh Pemerintah Kabupaten Sikka adalah penertiban Akta Kelahiran baru.Untuk itu,Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sikka menggelar Rapat Koordinasi Percepatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran Anak Usia O-18 Tahun tersebut yang dilaksanakan pada, Senin (18/11/2019) bertempat di Aulla Sikka Convention Center (SCC).

Rapat dibuka oleh Wakil Bupati Sikka Romanus Woga dan didampingi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sikka Dra.Martha Huberty Pega, dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Kabupaten Sikka.

Wakil Bupati Sikka Romanus Woga dalam sambutannya, Sebelum membuka kegiatan  rakor percepatan cakupan kepemilikan Akta Kelahiran Anak Usia O-18 Tahun di depan para peserta,mengatakan rapat koordinasi ini menyatukan  kesepahaman dalam meningkatkan pelayanan dokumen kependudukan, sehingga upaya pemerintah untuk meningkatkan cakupan Akta Kelahiran untuk anak usia o - 18 tahun dapat terwujud.

Terkait penerapan dan pemanfaatan Kartu Indentitas Anak (KIA), hal ini sebagai tindak lanjut dari  Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 yang sudah dijabarkan dengan Peraturan Bupati Sikka Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Kartu Indentitas Ana(KIA). Dimana ketentuan tersebut mewajibkan kepada seluruh anak Indonesia O - 17 Tahun kurang satu hari harus memilki KIA.

Untuk itu di Kabupaten Sikka mulai dilaksanakan pada hari ini,dan nanti secara bertahap pada setiap tahun akan dipenuhi penerbitan sesuai jumlah anak usia o - 17 tahun kurang satu hari yang telah memilki akte kelahiran.

Lebih lanjut dikatan Romanus Woga, bahwa Kartu Indentitas Anak (KIA) ini sangat penting karena penerapan dan pemanfaatan kartu indentitas anak diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan cakupan pelayanan Akta Kelahiran Anak, selain itu bertujuan untuk meningkatkan pendataan,perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak  konstitusional warga negara,termasuk anak-anak juga harus memiliki  indentitas yang jelas.

Diakhir sambutannya Romanus Woga berharap agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus melakukan sosialisasi ke Sekolah - sekolah, Kelurahan dan Desa serta pelayanan dan perekaman sehingga target pemenuhan KIA bagi anak - anak Kabupaten Sikka dapat terpenuhi seluruhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda Sikka, Para Kepala Dinas, Badan Lingkup Pemda Sikka, Para Kepala Sekolah PAUD,TK,SD,SDI,SDK dalam wilayah Kecamatan Alok, Alok Timur dan Kecamatan Alok Barat dan Pimpinan WVI ADP Sikka. (Liput/Hironimus Reporter Radio  Suara Sikka).


Statistik Web