DIKLAT PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH LINGKUP PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR TAHUN 2019

Dibaca 56 kali Administrator Kamis, 21 November 2019 - 09:56:59 WITA Berita

Sikka,- Sebanyak 30 orang peserta mengikuti kegiatan diklat pengelolaan perpustakaan sekolah adalah pengelola perpustakaan pada SMA / SMK Negeri dan Swasta Lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2019 dengan perincian Kabupaten Sikka 15 orang dan Kabupaten Flores Timur 15 orang.

Waktu pelaksanaan pendidikan dan pelatihan perpustakaan sekolah lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah terhitung dari tanggal 11 s/d 14 November 2019, bertempat di Aulla Hotel Lokaria Indah Beach Kabupaten Sikka.

Dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi dan Teknisi Fungsional BPSDMD Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Flafianus Du’a,S.Fil.MM menjelaskan bahwa yang melatar belakangi kegiatan ini adalah perpustakaan sekolah merupakan salah satu unsur penunjang peningkatan sumber daya manusia baik anak didik dan juga pendidik guru melalui  cara belajar mandiri untuk meningkatkan kompetensi yang komperenship sekaligus menambah reverensi pengetahuan dan pengembangan karakter bagi siswa / tenaga pendidik.

Oleh karena itu, perpustakaan pada setiap lembaga pendidikan perlu diberdayakan dengan berbagai pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang memadai melalui pendidikan dan pelatihan pengelolaan perpustakaan.

Lebih lanjut dikatakan Flafianus Du’a, tujuan penyelenggaran pendidikan dan pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pengelola perpustakaan sekolah untuk mampu melakukan perencanaan,penataan,bimbingan,pengawasan,dan evaluasi terhadap perpustakaan.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Dr.Keron Ama Petrus,SE, MA dalam sambutanya sebeleum membuka kegiatan mengatakan berdasarakan Undang - undang Nomor 5 Tahun 2014, Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah aset negara yang perlu ditingkatkan kapasitas melalui berbagai pendidikan dan pelatihan,salah satu upaya yang kita tempuh yaitu dengan menyelenggarakan DIKLAT.

Berbicara tentang sekolah, Kita pasti berbicara tentang sistem pendidikan yang kompleks yang terdiri dari sejumlah komponen terkait dan terikat satu sama lain yaitu : sekolah, guru, tenaga administrasi, kurikulum, perpustakaan, siswa bahan ajar, fasilitas dana, orang tua dan lingkungan.

Lebih lanjut dikatakan Dr. Keron Ama sekolah merupakan unsur terpenting, karena sekolah merupakan salah satu tempat menyelenggarakan proses pendidikan formal yang mampu menyajikan menu yang komperensif dan bedaya saing.

Diakhir sambutanya Dr. Keron Ama, mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kita semua yang telah memberi andil,sehingga pelaksanaan pendidikan dan pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah tahun 2019 ini dapat dilaksanakan sesuai rencana.

“ semoga dengan terlaksananya kegiatan diklat pengelolaan perpusatakan pada tahun ini, dapat dijadikan sebagai agenda berkelanjutan mengingat masih banyaknya pengelola perpustakaan sekolah yang belum mengikuti program diklat pengelolaan perpustakaan yang akan kita laksanakan sepeerti ini.’’

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kormas Dikmen Kabupaten Sikka Drs. Mikael D.Maran,M.Pd, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi dan Teknisi Fungsional BPSDMD Provinsi Nusa Tenggara Timur Flafianus Du’A,s.FIL.MM, Para Narasumber, Para Pejabat Struktural Lingkup BPSDMD Provinsi Nusa Tenggara Timur, Peserta dan Anggota Panitia, dan Para Tamu Undangan lainya. ( Liput Hironimus Reporter Radio Suara Sikka Fm ).


Statistik Web