Ratusan Rumah Warga Di Kecamatan Lela, Rusak Parah Akibat Di Terjang Gelombang Pasang

Dibaca 21 kali Administrator Senin, 04 November 2019 - 11:15:30 WITA Berita

Sikka.- Gelombang pasang di pantai selatan Kabupaten Sikka kembali mengamuk dan meluluh lantakan, ratusan rumah warga di beberapa desa, di Kecamatan Lela. Ganasnya gelombang pasang atau abrasi ini terjadi pada hari, Senin (28/10/2019) yang lalu, sekitar Pukul 09.00 Malam.

Ratusan rumah warga tersebut tersebar di beberapa desa di Kecamatan Lela yakni Desa Sikka sebanyak 49 rumah, Desa Watu Tedang sebanyak 40 rumah, Desa Hepang sebanyak 36 rumah, Desa Lela sebanyak 43 rumah, Desa Du sebanyak 3 rumah, dan Desa Kolidetung sebanyak 58 rumah, informasi ini kami himpun dari BPBD kabupaten sikka.

Pantauan media ini pada, Selasa (29/10/ 2019)  akibat dari hantaman ombak ganas tersebut, ruas jalan Kabupaten dipinggir pantai tepatnya di Dusun Tiget yang menghubungkan Desa Hepang dan Desa Kolidetung lumpuh total. Akibatnya warga tidak bisa melintas di ruas jalan tersebut dengan menggunakan kendaraannya baik roda dua maupun roda empat.

Menurut cerita Bapak Osias Warga Tiget, Desa Kolidetung saat ditemui media ini di rumahnya. Beliau mengatakan bahwa ombak ganas yang menghantam wilayah mereka terjadi sudah berulang kali akibatnya turap penahan ombak tersebut perlahan lahan jebol karena dikikis oleh air laut. Kejadian ini merupakan kejadian yang kedua dalam tahun ini ungkapnya. Bulan April lalu juga abrasi, sekarang juga abrasi lagi, tanggul pengaman pantai yang dibuat disepanjang pantai di Dusun Bangboler ini tidak kuat menahan ombak tutur Bapak Osias kepada media ini.

Mendengar kejadian abrasi di kecamatan Lela tersebut, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo turun langsung  ke lapangan. bersama Kadis PUPR dan dinas terkait lainnya turun untuk melihat kondisi ril jalan yang terputus di Bangboler. Beliau segera memerintahkan Kepala Dinas PUPR, Tommy Lameng  untuk segera memperbaiki jalan yang putus di Dusun Tiget, Desa Hepang, Kecamatan Lela. ( Liput/ Reporter Radio Suara Sikka Chen Chabarezy).


Statistik Web