18 Pemuda Desa Hepang Mengikuti Pelatihan Tim Sibat Yang Di Gelar Oleh PMI Sikka

Dibaca 37 kali Administrator Selasa, 24 September 2019 - 09:02:26 WITA Berita

Sikka.- Sebanyak 18 orang pemuda perwakilan dari empat Dusun Desa Hepang, Kecamatan Lela mengikuti kegiatan pelatihan siaga bencana berbasis masyarakat, yang digelar oleh Pemerintah Desa Hepang dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sikka.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 9 hingga 11 September 2019 yang bertempat di Kantor Desa Hepang, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka.

Koordinator PMI Sikka Octavianus Ario Aditio kepada media, beliau mengatakan bahwa  kegiatan pelatihan SIBAT ini atas kerjasasma Pemerintah Desa Hepang dengan PMI Sikka.

“ masyarakat harus diberikan pelatihan dan pemahaman untuk siaga bencana berbasis masyarakat, sehingga pada kesempatan ini bisa bekerjasama, untuk menggelar kegiatan tersebut dan yang hadir sebanyak  18 orang pemuda perwakilan dari 4 Dusun yang ada di Desa Hepang “ ungkap Aditio.

Lanjut Aditio, bahwa kegiatan Ini sesuai dengan perencanaan Desa Hepang yang mengoptimalkan dana desa untuk mendukung program 5 bidang dalam hal penanggulangan bencana.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa sebagai ujung tombak dalam merespon kebencanaan di wilayah desanya. Sehinggga tidak menunggu bantuan darurat dari Kabupaten.

Untuk desa - desa yang ada di Kabupaten Sikka, tidak hanya menyediakan dana darurat saja, namun bisa menganggarkan dana untuk kesiapsiagaan dengan membentuk tim siaga bencana desa. Memberikan pelatihan kapasitas dan dukungan peralatan tanggap darurat untuk tim tersebut.

Desa Hepang  juga memperkuat tim yang dibentuknya, dengan peralatan pertolongan pertama seperti tas, tandu dan fasilitas kesehatan lainnya,  sehingga pertolongan pertama pada korban lebih serius dan terfokus. (Liput / Chen Chabarezy)


Statistik Web