Diskominfo Sosialisasi Implementasi Persandian Untuk Pengamanan Informasi

Dibaca 107 kali Administrator Rabu, 11 September 2019 - 08:51:09 WITA Berita

 

Maumere.- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka menggelar Sosialisasi Implementasi Persandian Untuk Pengamanan Informasi di Aula Heindrich, Jln. Wairklau, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok Kabupaten Sikka, Selasa (10/09/2019) pagi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka, Drs. Kensius Didimus dalam sambutan sebelum membuka kegiatan mengatakan bahwa di era digital ini faktor kemanan informasi merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan, karena kinerja tata kelola teknologi infromasi dan komunikasi akan terganggu jika informasi sebagai salah satu objek utama mengalami masalah keamanan.

“ Saat ini pergerakan tata kelola pemerintahan menuju era digital, memunculkan inovasi inovasi baru khususnya dalam hal penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, komunikasi publik. Hal ini dilakukan sebagai upaya transparansi, mempercepat respon dan pelayanan serta efisiensi sumber daya ” demikian Kensius Didimus.

Kendati demikian dan kemudahan itu memunculkan ancaman keamanan, baik data maupun transaksi informasi yang bisa dimanfaatkan pihak pihak tertentu untuk kepentingan mereka. Disinilah peran persandian dan keamanan informasi berada, sebagai entitas pengaman infromasi melalui penyelengaraan persandian.

Persandian harus mampu memberikan jaminan keamanan keamanan di lingkungan pemerintah, sehingga peran persandian tidak hanya menyangkut kerahasiaan saja, tetapi persandian mempunyai peran dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan keamanan informasi serta berperan dalam mendukung penyelenggaraan e - Government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE.

Pada Kesempatan yang baik ini juga kami menyampaikan terima kasih kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang berkenan hadir dan memberikan materi; kiranya dengan kegiatan hari ini menambah wawasan dan pengetahuan kami tentang pentingnya keamanan informasi dan kami berharap akan terjalin komunikasi yang baik antara BSSN dan Pemerintah Kabupaten Sikka dalam urusan pengamanan infromasi daerah.

Sebagai Pemateri Sosialisasi Implementasi Persandian Untuk Pengamanan Informasi, Sandiman Muda Direktorat Proteksi Pemerintah Deputi Bidang Proteksi Badan Siber dan Sandi Negara ( BSSN ) Welly Puji Ginanjar, SST.S.Sos

“ditengah kemajuan teknologi informasi saat ini Kominfo mempunyai peranan penting dalam mengamankan informasi terutama dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan keamanan informasi” demikian Welly Puji Ginanjar

Welly Puji Ginanjar juga mengingatkan masyarakat untuk ikut serta menjaga informasi terutama informasi data pribadi dan informasi Hoax untuk di kelola sejara bijak sebelum turut serta menyebarluaskan melalui media sosial. Kepala Bidang Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka, Fransiskus Ismail S.E. dalam laporan menyebutkan peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini adalah Pimpinan DPRD Kabupaten Sikka, Forkopimda Kabupaten Sikka dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sikka.

Lanjut Fransiskus Ismail, adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan Wawasan dan pengetahuan tentang kebijakan persandian dan keamanan informasi. Meningkatkan kesadaran pengamanan informasi untuk membangun kesamaan pemahaman tentang kepedulian terhadap keamanan/security awareness dalam penyelenggaraan pengamanan informasi melalui Persandian dan sinkronisasi dan sinergisitas urusan Pemerintah Pusat dan Daerah Bidang Persandian dan Keamanan Informasi. ( John Oriwis )


Statistik Web