Pemerintah Ajak Unipa Kerjasama Dalam Pemberian Beasiswa

Dibaca 82 kali Administrator Rabu, 03 Juli 2019 - 04:46:20 WITA Berita

Maumere.- Rencana kerjasama pemberian beasiswa kuliah oleh Pemerintah Kabupaten Sikka dan Universitas Nusa Nipa mulai dilakukan. Dimana Selasa (02/07/2019) Bupati Sikka Fransisko Roberto Diogo S.Sos.M.Si mendatangi Universitas Nusa Nipa Maumere.

Tiba di Unipa, Bupati Sikka langsung menuju ruang Rektorat dan mengadakan rapat tertutup bersama Rektor Unipa Ir. Vinsensius Angelinus, M.Si, Wakil Rektor I Dr. Jonas K. Gobang, S.Fil, MA. Wakil Rektor II Drs.Victor Ngadjo.    

Ditemui awak media setelah rapat, Bupati Sikka mengatakan bahwa rapat tersebut membahas terkait rencana kerja sama Pemerintah Kabupaten Sikka dengan Unipa Maumere soal pemberian beasiswa untuk mahasiswa baru di Unipa Maumere.

Dikatakan Bupati, terkait hal tersebut yang nantinya melalui mekanisme yang ada bersama DPRD Kabupaten Sikka.

Saat yang sama Rektor Unipa Maumere Ir. Vinsensius Angelinus,M.Si. kepada media mengatakan bahwa Unipa siap untuk bekerjasama dengan Pemrintah Kabupaten Sikka terutama dalam mensukseskan program pemberian beasiswa dari pemerintah kepada peserta didik di Unipa Maumere.

Menurut Angelinus, beasiswa merupakan salah satu insentif yang memberikan motivasi membebaskan sebagian dari biaya yang wajib ditanggulangi oleh seorang mahasiswa.

Hal yang paling penting agar setiap anak yang mendapatkan beasiswa harus mempunyai spirit yang besar, mempunyai semangat yang serius untuk mengikuti pendidikan sehingga dapat berprestasi, maka hal ini menunjukan bahwa tujuan pemberian beasiswa itu tercapai.

Dengan demikan beaswa tidak hanya untuk yang misikin tetapi yang miskin dan berprestasi. Terkait model penerimaan beasiswa di Unipa Maumere, Angelinus mengatakan bahwa selama ini mekanisme pemberian beasiswa di Unipa adalah langsung diberikan kepada mahasiswa, melalui rekeningnya masing-masing.

Namun ada salah satu unit di kampus yang dibentuk bertugas untuk mengontrol sejauh mana penerima beasiswa menggunkan dana tersebut untuk melunasi semua jenis tagihan di kampus dan unit control tersebut kan melaporkan kepada donator sejauh mana pemanfaatan dana atau uang yang telah diberikan dari donator.

Kriterianya sejauh ini beasiswa diberikan kepada anak yang ekonomi kurang dan berprestasi.

Sementara Wakil Rektor I Dr. Jonas K. Gobang, S.Fil,MA kepada media mengatakan secara teknis pihak Unipa perlu matangkan lagi bersama pemerintah sehingga terarah dan untuk saat ini belum ada MoU. Diharapkan setelah dibahas dan ada kemantapan bersama baru akan ada langkah MoU.***

Liputan : Arnoldus Laka Welin / Repoter Radio LPPL Suara Sikka


Statistik Web