CEGAH ANEMIA SIKKA LAUNCHING FANPAGE

Dibaca 31 kali Administrator Senin, 04 Maret 2019 - 07:23:31 WITA Berita

 

Maumere.- Untuk mencegah dan membangun media belajar bagi remaja putri, khususnya pelajar SMA / SMK untuk memahami anemia dengan permasalahan dan dampak buruknya, Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Dinas Kesehatan melaunching Fanpage Facebook dengan nama “SIKKA CEGAH ANEMIA REMAJA PUTRI”.

Launching Fanpage dilakukan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sikka Gorgonius Nago Bapa, bertempat di Aula Mardi Wiyata, Jl Kimang Buleng Kelurahan  Kota Uneng Kecamatan Alok, Maumere. Jumat (01/03/2019) Siang.

Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Gorgonius Nago Bapa, mengatakan Pihak DPRD Kabupaten Sikka sangat mendukung adanya inovasi Dinas Kesehatan untuk membuat fun page “SIKKA CEGAH ANEMIA REMAJA PUTRI” karena sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang kian maju.

"saya dan rekan rekan Anggota DPRD Kabupaten Sikka berharap agar funpage ini dapat dimanfaatkan sebagai media bagi anak anak kita, khususnya remaja putri di Nian Sikka untuk mendapatkan dan berbagi informasi kesehatan. Sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Sikka pada masa mendatang" harap Ketua DPRD.

Lebih lanjut Gorgonius Nago Bapa menjelaskan bahwa gadget, HP Androit atau sejenisnya sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Bahkan ada sekolah sekolah yang sudah menyelenggarakan ujian sekolah menggunakan HP Android. Sehingga melalui media sosial dapat dimanfaatkan juga untuk promosi kesehatan.

Sementara Bupati Sikka dalam sambutan sebelum melaunching Funpage “SIKKA CEGAH ANEMIA REMAJA PUTRI” mengajak para pendidik agar dapat menjadi motivator dan pendamping bagi remaja putri di sekolah terutama dalam memantau pemberian tablet tambah darah .

“saya juga mengajak sekalian yang hadir pada kegiatan ini supaya bekerja bersama sama mendukung program kesehatan sehingga kita dapat mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas” tegas Bupati Sikka.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Sikka mengajak segenap masyarakat Nian Sikka untuk selalu bergandengan tangan, satu hati, satu bahasa, untuk melangka maju dengan tekat dan komitmen yang serta berpartisipasi mewujudkan Sikka Sehat dan Bahagia tahun 2023.

Sambutan Bupati Sikka, saya mengajak pera tenaga pendidik untuk menjadi motivator dan memantau.
mari kita memanfaatkan fanpage ini dengan baik menuju Sikka sehat. kegiatan dilanjutkan dengan Kuis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Maria Bernadina S. Nenu dalam laporan yang dibacakan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Klotidis Gandut, mengatakan bahwa Data Riskesdes tahun 2013 menyebutkan bahwa prevalensi anemia pada ibu hamil sebesar 37,1%. Hal ini merupakan dampak lanjut dari tingginya prevalensi anemia pada remaja putri dan wanita usia subur. Keadaan ini merupakan akibat dari kurangnya asupan gisi besi yang dianjurkan.

“untuk itu direkomendasikan agar pemberian tablet tambah darah disekolah diberikan seminggu sekali sepanjang tahun, dengan harapan dapat menurunkan anemia pada remaja putri dan meningkatkan konsentrasi belajar” demikian Klotidis Gandut.

Melihat perkembangan media sosial saat ini, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka mengembangkan media sosial sebagai media promosi kesehatan bagi kalangan remaja melalui fanpage facebook “SIKKA CEGAH ANEMIA REMAJA PUTRI”.

Turut hadir pada kesempatan ini Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kepsek SMA/SMK, Kepala Puskesmas serta undangan lainnya. (John Oriwis / Hironimus)


Statistik Web