DIKLAT DASAR METEDOLOGI PENYULUHAN PERTANIAN BAGI PENYULUH PERTANIAN SWADAYA KABUPATEN SIKKA TAHUN 2019

Dibaca 47 kali Administrator Kamis, 28 Februari 2019 - 11:37:42 WITA Berita

Maumere.- Para Penyuluh Pertanian Swadaya memiliki peran yang strategis dalam mendukung dan mengawal program pertanian untuk mencapai kesuksesan pembangunan yaitu : Swasembada Pangan, Swasembada Yang Berkelanjutan, Diversifkasi Pangan, Peningkatan Nilai Tambah,Daya Saing Dan Ekspor, dan Peningkatan Kesejahteraan Petani.
Demikian harapan kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka,Ir, Hendrikus Blasius Sali ketika membuka secara resmi Diklat Dasar Metodologi Penyuluhan Pertanian bagi penyuluh Pertanian Swadaya Kabupaten Sikka Tahun 2019 di Aulla Hotel Sugonian, Selasa (26/02/2019).
Kegiatan dasar Metedologi Penyuluhan Pertanian Swadaya Kabupaten Sikka, yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sikka Tahun Anggaran 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta di Bidang Metodologi Penyuluhan agar mampu melaksanakan fungsinya sebagai pendamping penyuluh pertanian swadaya.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka dalam sambutannya mengatakan Penyuluh Pertanian Swadaya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Pertanian secara optimal, meningkatkan pendapatan  sehingga kesejahteraan keluarga.
“dengan memperoleh hasil pertanian yang banyak kita biasa menjualnya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.’’ Ujar Hendrikus B.Sali.
Di samping itu penyuluh Pertanian juga mempunyai peran penting dalam mendukung program utama pembangunan Pertanian yaitu Swasembada Berkelanjutan, di Versifikasi Pangan,Peningkatan Nilai Tambah,daya saing dan Ekspor dan Peningkatan Kesejahteraan Petani.
“Peran penyuluh pertanian mendukung program prioritas nasional melalui  program Swasembada Pangan,jadi saya berharap kepada penyuluh pertanian untuk bekerja keras, kerjasama dengan semua pihak dalam mensinergikan berbagai program nasional.’’ Tegas Hendrikus B.Sali.
Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Sikka Fransiskus Nong, Pimpinan SKPD, dan Para Penyuluh Pertanian. ( Hironimus )


Statistik Web