Dinas Kesehatan Gelar Sosialisasi (PTM) dan (POSBINDU) Kepada Para Camat dan Kapus se- Kabupaten Sikka

Dibaca 147 kali Administrator Senin, 17 Desember 2018 - 10:48:18 WITA Berita

Maumere.- Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka melakukan kegiatan Sosialisasi faktor resiko penyakit tidak menukar PTM dan inisiasi pos pembinaan terpadu POSPINDU, kepada para Camat dan Kepala Puskesmas se - Kabupaten Sikka. 
Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Aula St. Camilian Jln Gajah Mada Kelurahan Madawat Kecamatan Alok Kabupaten Sikka pada Kamis, (13/12/2018).
Hadir pada kesempatan tersebut, Dokter Dellly Pasande Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sikka Dokter Gigi Harlin Hutaurk selaku Kabid P2P Dinkes Sikka Dedy Benyamin Sekertaris Dinas Kesehatan Para Camat dan Kepala Puskesmas se - wilayah Kabupaten Sikka.
Dalam laporan panitia pelaksana, Dokter Harlin menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung kegiatan pencegahan penyakit tidak menular atau PTM telah melakukan beberapa kegiatan seperti sosialisasi pertemuan teknis bagi tenaga kesehatan tentang penyakit tidak menular (PTM) di Puskesmas. 
Talk Show di Radio Suara Sikka tentang bahaya penyakit tidak menular (PTM) pada saat hari hipertensi sedunia, dan pembentukan POSBINDU di OPD DPPKAD, Pariwisata, KESBANGPOL, SATPOL PP dan di  Dinas Kesehatan, dan masalah yang kami hadapai dilapangan yakni jumlah masih 40 POSBINDU (25%) dari jumlah Desa, Kelurahan di Kabupaten Sikka, dan pemanfaatan kit POSBINDU masih sangat rendah. 
“Tujuan di laksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatnya kemandirian masyarakat dalam pencegahan penyakit tidak menular, tersedianya sumber daya dan fasilitas penyelenggaraan POSBINDU, dan meningkatnya peran serta masyarakat dalam memanfaatkan POSBINDU, dan tujuan umumnya adalah meningkatnya peran lintas sektor dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular (PTM)” ungkap Harlin.
Dokter Delly Pasenda dalam sambutanya mengatakan bahwa, menyangkut faktor resiko PTM harus dilakukan oleh Dinas Kesehatan secara pro - aktif tidak boleh menunggu, karena penyakit ini tidak ada gejala dan penyakit tersebut terjadi karena perilaku yakni perilaku hidup kita yang kurang sehat, tidak memperhatikan pola makan dan minum, dan kurang mejaga kebersihan lingkungan.
“Kepada para tenaga Kesehatan harus menjadi contoh dan teladan untuk hidup sehat agar bisa memotivasi masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan” ungkap Delly Pasande.
(Liput/Chen Cahbarezy)


Statistik Web