KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN SIKKA UKUR 10.500 BIDANG TANAH TAHUN 2019

Dibaca 20 kali Administrator Kamis, 06 Desember 2018 - 09:40:39 WITA Berita

Maumere.- Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sikka Vivi Ganggas, saat ditemui Reporter Radio Suara Sikka di ruang kerja, Selasa (4/12/2018) Mengatakan pada tahun 2019, BPN Sikka akan mengukur 10.500 Bidang Tanah pada 24 Desa di 10 Kecamatan.

Masyarakat Peseta Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di minta menyiapkan kelengkapan Administrasi, terlibat aktif memberikan keterangan kepada pihak BPN terutama saat pengukuran tanah, menyiapkan Meterai Rp 6000, dan menyiapkan pilar sebanyak titik Sudut pada Bidang Tanah tersebut.

“ Surat Pengantar dari Desa atau Kelurahan penting karena BPN  tidak berwenang menguji mebenaran material sebuah dokumen seperti Surat Riwayat Kepemilikan Tanah dan Bukti Penguasahan Fisik Kepemilikan Tanah ” ungkap Vivi Ganggas.

BPN mengandalakan Surat Pengesahan Kepemilikan Tanah dari Kepala Desa atau Kelurahan, karena mereka lebih mengetahui kondisi di Desa atau Kelurahan tersebut.

Pemerintah akan menanggung Biaya Penyuluhan, Pengumpulan Data Yuridis, Pengukuran Bidang Tanah, Pemeriksaan Tanah, Penerbitan Surat Keputusan Hak, dan Penyerahan Sertifikat Tanah.

Vivi menghimbau kepada masyarakat bersikap jujur, ketika mengajukan usulan pengurusan Sertifikat Tanah, pasalnya Program Nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Nasional  Tahun 2019 sudah mulai di lakukan BPN di seluruh indonesia. (Liput/Nimus)


Statistik Web