Waspada Hiv Merambat ke-Semua Kecamatan di Kabupaten Sikka.

Dibaca 50 kali Administrator Selasa, 27 November 2018 - 08:49:30 WITA Berita

Maumere.- Terjadi peningkatan temuan kasus HIV di semua wilayah Kecamatan di Kabupaten Sikka mendorong Komisi Penanggulang AIDS Kabupaten Sikka mengadakan berbagai kegiatan sosialisasi serta kegiatan lainya.

Senin, (26/11/2018) Komisi Penananggulangan AIDS KPAD  Kabupaten Sikka menggelar Advokasi dan pelatihan HIV dan AIDS bagi Pendamping Desa di Kabupaten Sikka tahun 2018, kegiatan tersebut berlangsung di Aula Puskopdit, Jalan Wairklau Maumere.

Ditemui saat kegiatan berlangsung, pengelola program dan sekretaris KPAD Kabupaten Sikka Yuyun Darty Baitan mengatakan saat ini data mencatat  berdasarkan Kecamatan yang paling banyak kasus HIV ada di Kecamatan Alok sebanyak 119 orang, Kecamatan Alok Timur 107 orang dan Kecamatan Nita 67 orang, selain itu juga terdapat juga di semua Kecamatan dan Desa.

Kasus  HIV saat ini juga menyerang hampir semua latar belakang usia dan profesi yang  dianggap rendah seperti ibu rumah tangga dan anak - anak balita.

"Kegiatan Advokasi dan pelatihan HIV AIDS bagi pendamping desa di Kabupaten Sikka tahun 2018 ini salah satu tujuanya adalah agar melibatkan para pendamping desa untuk membantu mensosialisasikan,terutama mengintervensi dan mengadvokasi para kepala desa dalam menggunakan dana desa yang juga digunakan untuk kepentingan pembentukan warga peduli AIDS yang dibentuk di masing-masing Kecamatan atau Desa tersebut " Ungkap Yuyun.

Peran para Pendamping Desa sangat diharapakan dalam kegiatan ini agar para pendamping dapat membantu forum warga peduli AIDS di desa tersebut untuk merencanakan, mengadvokasi, serta mangadakan sosialisasi tentang HIV dan AIDS bersama forum warga peduli AIDS yang  telah terbentuk untuk memonitoring, melakukan pemetaan, menenmukan kasus  yang lebih banyak lagi serta menanganinya dengan cepat sehingga dapat menekan laju pertumbuhan HIV dan AIDS di tempat tersebut. (Liput/Hironimus)


Statistik Web