MASYARAKAT DAERAH TUJUAN PARIWISATA DAPAT PELATIHAN SAR

Dibaca 28 kali Administrator Kamis, 08 November 2018 - 14:59:41 WITA Berita

Maumere.- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kantor UPT SAR Maumere menggelar kegiatan pelatihan Potensi kepada masyarakat Kabupaten Sikka di daerah tujuan pariwisata. 
Kegiatan ini mengusung tema Melalui Pelatihan Potensi SAR Tentang Medical First Responden Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Semangat Guna Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Sikka. 
Kegiatan berlangsung pada Kamis (08/11/2018) pagi, di Aula Hotel Permatasari Jln Ahmad Yani, Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka. 
Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Basarnas Maumere I. Putu Sudayana bersama Staf, Kepala Kantor BNPBD Maumere, Kepala Kantor BMKG Maumere Adi Laksmena, peserta pelatihan utuhan dari dinas instansi pemerintah dan swasta, para pegiat pariwisata, Mapala Unipa dan undangan lainnya.
I Putu Sudayana kepada media ini saat di temui disela sela kegiatan Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program dari kantor pusat Badan SAR Nasional Pencarian dan Pertolongan Nasional kemudian ditindak lanjuti oleh Kantor UPT Badan SAR Maumere untuk melakukan pelatihan potensi SAR ini. 
Sesuai dengan program kantor pusat maka setiap kantor cabang yang ada di daerah masing masing harus melaksanakan kegitan ini sebanyak dua kali. Dan untuk kita di Maumere kegiatan pelatihan pertama kali dilaksanakan pada bulan maret 2108 yang lalu dan kegitan kedua pada bulan November 2018 yakni pada hari ini ungkapnya.
“ tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan potensi skill dari seluruh potensi yang ada khususnya di daerah obyek pariwisata terkhusus bagi pelaku pariwisata, skil yang terkait dengan pertolongan pertama . Baik kecelakaan pelayaran dan kecelakaan yang kondisinya membahayakan sehingga membutuhkan pertolongan pertama pada kecelakaan, sebelum tim medis dan Basarnas yang datang” demikian I Putu Sudayana. 
Kegiatan Ini membentuk Komunitas SAR berbasis pariwisata sejalan dengan program Badan SAR Nasional, yaitu membuat Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan ucapnya. Sudayana juga berharap agar kedepannya langkah langkah yang telah dilakukan ini akan bisa bersinergi dengan program pemerintah daerah kabupaten Sikka. (Chen Chabarezy)


Statistik Web