WARGA PEDULI AIDS IKUT PELATIHAN PENYULUH AIDS

Dibaca 329 kali Administrator Rabu, 31 Mei 2017 - 12:48:58 WITA Berita

Maumere.-, Melalui  Pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang HIV/AIDS dan Program-Program Pencegahan HIV/AIDS sehingga bisa berperan aktif dalam mensukseskan program pencehagan HIV/AIDS dimasyarakat, dan juga untuk menjalankan kegiatan pencegahan HIV/AIDS kader-kader tersebut harus terorganisir dalam satu kelompok. Kelompok tersebut merupakan wadah tempat kumpulan kader-kader terlatih yang bekerja sama dengan sukarela untuk mendukungnya tercapainya satu tujuan, yaitu mencegah penyebarluasan HIV di Kabupaten Sikka baik program yang digulirkan oleh Pemereintah Daerah melalui Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sikka maupun program – program lainnya.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sikka Drs. Paolus Nong Susar saat membuka dengan resmi Pelatihan Penyuluh HIV dan AIDS bagi Kader Peduli AIDS di aula Kantor Kelurahan Kota Baru jalan Don Thomas Maumere Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka, Selasa (30/5/2017).

Dalam arahannya Wabup Paolus menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka menyampaikan kepada warga peduli AIDS karena sudah berupaya mewujudkan cita – cita besar kita yaitu dalam RPJMD khususnya di bidang kesehatan. 

” Artinya hari ini kita bersama melakukan evaluasi kebijakan khususnya di bidang peningkatan sumber daya manusia yaitu peningkatan derajat kesehatan dan juga peningkatan kualitas pendidikan,” kata Paolus

Dikatakannya, kita di Kabupaten ini selama masa 5 tahun lebih ditekankan pada tindakan pencegahan, prefentif dan promotif jadi kita akan evaluasi terkait Kabijakan sehingga penurunan angka kesakitan itu menjadi standarisasinya termasuk penderita AIDSnya..

” Kita juga akan mengevaluasi pelaksanaan dimana program – program yang sudah dituangkan melalui RKA dari KPA sehingga bagaimana KPA sudah mengajak kita warga peduli AIDS bersama - sama memerangi penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi seluruh masyarakat,” ujar Paolus.

Paolus juga berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang dinamika HIV/AIDS dan memberikan keterampilan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat luas terkait tugas dan fungsi kader masyarakat peduli AIDS di lingkungan masing – masing

Untuk diketahui tujuan pelatihan penyuluh HIV dan AIDS bagi kader peduli AIDS adalah untuk  meningkatkan pengetahuan IMS, HIV dan AIDS pengurus Tim WPA dari tingkat Kelurahan agar dapat menjadi agen informasi serta dapat melakukan pendampingan kepada populasi yang rentan terhadap penularan HIV dan AIDS Desa/Kelurahan dan terhimpunnya data potensi permasalahan (HIV dan AIDS) di lingkup Desa/Kelurahan terkoordinasinya serta terpantaunya penyelenggaraan Penanggulangan HIV dan AIDS di Kecamatan/Desa maupun Kelurahan dan juga hasil yang diharapkan  meningkatnyan pengetahuan IMS, HIV dan AIDS kader terutama Tim pengurus WPA dari tingkat Kelurahan agar dapat menjadi agen informasi serta dapat melakukan pendampingan kepada populasi yang rentan terhadap penularan HIV dan AIDS di Desa/Kelurahan adanya data potensi permasalahan (HIV dan AIDS) di lingkup Desa/Kelurahan dan adanya pelaporan rutin bulanan dalam  penyelenggaraan Penanggulangan HIV dan AIDS di Kecamatan/Desa maupun Kelurahan.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris KPA Kabupaten Sikka Yohanes Siga, para PNS kelurahan Kota Baru, serta para peserta pelatihan dari 21 Kecamatan. (jonathan).


Statistik Web