DEMI MENGURANGI SILPA PEMERINTAH HARUS MENGHEMAT ANGGARAN BELANJA

Dibaca 21 kali Administrator Rabu, 05 September 2018 - 15:28:49 WITA Berita

Maumere,- Penghematan anggaran belanja pada pegawai lingkup Pemkab Sikka, Pemerintah harus merasionalisasi sejak awal perencanaan untuk menghindari Silpa pada tahun berikutnya, sehingga bisa dimanfaatkan untuk belanja publik pada tahun berjalan.

Hal ini disampaikan oleh Fraksi PDI Perjuangan yang dibacakan oleh Stef Sumandi S.Fil, pada rapat paripurna tujuh masa sidang tiga tahun 2018, DPRD Kabupaten Sikka dengan materi keterangan pemerintah atas pemandangan umum fraksi fraksi yang berlangsung, di Aula Kula Babong  gedung DPRD Kabupaten Sikka Jln. Eltari Maumere pada, Senin (3/09/2018).

Atas tanggapan Fraksi PDIP, Pemerintah menjelaskan bahwa sesuai ketentuan peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia No 38 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan anggaran dan pendapatan asli daerah  tahun anggaran 2019, khusus untuk belanja pegawai dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut, penganggaran untuk gaji pokok dan tunjangan, untuk PNS daerah disesuaikan dengan peraturan perundang undangan, serta memperhitungkan dengan kenaikan gaji pokok dan tunjangan PNS daerah, serta pemberian gaji ke 13 dan 14 Penganggaran belanja pegawai untuk kebutuhan pengangkatan calon PNS sesuai formasi pegawai tahun 2019, Penganggaran belanja pegawai untuk kebutuhan kenaikan gaji berkala kenaikan pangkat tunjangan keluarga dan mutasi pegawai dengan memperhitungkan acress yang besarnya maksimum 2,5 % dari jumlah belanja pegawai dari gaji pokok dan tunjangan.

Penjelasaan pemerintah ini langsung di bacakan oleh Pj. Bupati Sikka Drs. Mekeng P. Florianus di hadapan peserta rapat di Aula Kula Babong.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sikka, para Wakil Ketua, para anggota Dewan Forkompinda Sikka, para Kepala Dinas, Badan Lingkup Pemerintah Kabupaten Sikka dan undangan lainnya.

Selain fraksi PDIP, Fraksi partai GOLKAR mengapresiasi kepada pemerintah terkait dengan pemberlakuan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day yang bertempat  lintasan Jln. Eltari Maumere.

Pencanangan oleh pemerintah tentang car free day ini banyak mendapat respon positif dari masyarakat  kota Maumere terbukti  bahwa pada hari pertama pembukaan di tanggal 01 september 2018 sabtu lalu  banyak warga masyarakat kota Maumere yang datang dan ikut berpartisipasi aktif pada acara car free day tersebut ini merupakan langkan awal dan terobosan yang baik oleh pemerintah Kabupaten Sikka.

(chen chabarezy)


Statistik Web