KONSER HARMONIS JAGA PERSATUAN INDONESIA

Dibaca 84 kali Administrator Senin, 06 Agustus 2018 - 09:26:11 WITA Berita

Maumere.- Keharmonisan dalam ketidakteraturan dapat tercipta melalui berbagai macam cara, hal yang paling mendasari ide keharmonisan ini ada pada perbedaan kebudayaan yang secara merata tersebar di seluruh dunia.

Tidak terkecuali di Indonesia, banyaknya kebudayaan yang membentuk pola struktural di masyarakat inilah yang sudah semestinya menjadi acuan dalam ukuran - ukuran tertentu mengenai seberapa besar masyarakat dapat menerima golongan satu dengan yang lainnya.

Dengan adanya tolak ukur tersebut, maka muncullah satu kata yang dikenal dengan istilah kedewasaan berbudaya.  kedewasaan berbudaya ini sudah semestinya dianut dan dilaksanakan oleh semua orang.

Bangsa Indonesia adalah sekelompok masyarakat indonesia yang bersatu atau dipersatukan karena adanya persamaan sejarah dan nasib di masa lampau, serta memiliki cita-cita maupun tujuan yang sama untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Demikian makna yang diambil dari Konser Harmoni Indonesia yang di Aula Mapolres Jl A.Yani Maumere, Minggu (5/08/2018). Kegiatan ini dilangsungkan secara serentak di seluruh  Indonesia.

Konser ini melibatkan semua elemen diantaranya Penjabat Bupati Sikka Drs. Mekeng P. Florianus, Ketua DPRD Kabupaten Sikka Gorgorius Nago Bapa SE, Forkopimda Kabupaten Sikka, Tokoh Lintas Agama di Kabupaten Sikka, Tokoh Adat Kabupaten Sikka, Paduan Suara Solideo Maumere, Paduan Suara Bhayangkari, Paduan Suara Siswa/i SMAK Frateran Maumere.

Perwakilan dari setiap elemen masyarakat membacakan Narasi sambil diiringi lagu - lagu Devile kemerdekaan Republik Indoensia. Narasi tentang Kejayaan Nusantara Zaman Dahulu dibacakan oleh Penjabat Bupati Sikka, Narasi tentang perlawanan terhadap bangsa asing dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Narasi tentang awal perpecahan sesama Bangsa Indonesia dibacakan oleh DANLANAL Kabupaten Sikka.

Sementara narasi tentang pahitnya 350 tahun masa penjajahan Belanda dibacakan oleh DANDIM 1603 Kabupaten Sikka, narasi tentang masa pemerintahan penjajah Jepang dan persiapan proklamasi kemerdekaan, dibacakan oleh Kapolres Sikka, narasi tentang semangat mengisi kemerdekaan dengan menggalakkan pembangunan nasional dibacakan oleh Uskup Kabupaten Sikka , narasi tentang atasi perbedaan hindari perpecahan dibacakan oleh Ketua MUI Kabupaten Sikka, narasi tentang  kebesaran jiwa seorang abdi masyarakat, dibacakan oleh Ketua PHDI Kabupaten Sikka, Narasi tentang kita harus selalu memuliakan Tuhan Yang Maha Esa dan Mensyukuri Nikmatnya, dibacakan oleh Ketua GMIT Kabupaten Sikka, narasi tentang kita harus bisa mengharumkan nama besar Bangsa Indonesia dibacakan oleh Tokoh Adat  Kabupaten Sikka.

Kapolres Sikka AKBP. Rickson P.M Situmorang S.SIK dalam arahannya di akhir acara, mengatakan Konser Akbar Harmoni Indonesia 2018 digelar serentak di seluruh Nusantara. konser ini digelar untuk memaknai hari ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indoensia ke 73 juga sekaligus menyambut penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 yang digelar di Indoensia di Jakarta dan di Palembang.

Rickson menyampaikan, terimakasih yang setinggihnya kepada semua elemen yang turut hadir memeriahkan Konser Akbar Harmoni Indonesia 2018, kepada Siswa/I yang hadir marilah semangat ini kita tularkan kepada seluruh masyarakat dimanapun  berada serta kepada siapapun dan  tetap menjaga nama baik Bangsa Indoensia serta Persatuan dan Kesatuan Bangsa kita.

Kapolres Sikka juga mengatakan pihak Kepolisian Resort Sikka siap mengamankan berbagai  event yang akan datang  yang dilaksanakan di Kabupaten Sikka demi terwujudnya Kabupaten Sikka yang harmonis, aman dan damai. (Arnoldus Laka Welin)


Statistik Web