30 KADES DI SIKKA IKUT BIMTEK SIDEKA

Dibaca 28 kali Administrator Kamis, 05 Juli 2018 - 09:38:58 WITA Berita

Maumere,- Sebanyak 30 dari 147 Kepala Desa yang ada di Kabupaten Sikka mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka).

Kegiatan diselenggarakan di Aula Bappeda Sikka Jln. Mawar Maumere Selama 3 hari sejak tanggal 4 hingga tanggal 6 Juli 2018. Kegiatan dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka, Chrispinus Angelo.

Dalam sambutannya, Angelo menjelaskan bahwa melalui Sideka kita bisa mempromosikan dan menyampaikan informasi dengan baik dan benar untuk diketahui banyak pihak, dengan harapan mendapat perhatian dan dukungan untuk pembangunan Desa.

Sideka juga sesungguhnya membantu Dinas Kominfo untuk menjalankan peran publikasi dan promosi informasi dan kondisi kawasan yang ada di Desa.

"Untuk diketahui bahwa Informasi yang di Input dari Desa akan diikuti dan terbaca di Kementerian yang ada di Jakarta, Salah satunya Kementrian Kominfo" jelas Angelo.

Tujuan kegiatan Bimtek Sideka ini antara lain agar desa dapat memahami dan mengoperasikan aplikasi sistem informasi desa dan kawasan secara baik, agar operator secara aktif melakukan penginputan data Sideka secara berkala.

Kepala Bidang PTIK pada Dinas Kominfo Kabupaten Sikka, Yeni Daniel, saat dikonfirmasi usai pembukaan Bimtek menjelaskan bahwa ini merupakan kegiatan tahap pertama peruntuk 30 dari 147 Desa yang ada di Kabupaten Sikka, Terkhusus bagi Desa yang telah memiliki Domain resmi.

Yeni juga menjelaskan bahwa, kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman Aparatur Desa tentang pentingnya ketersediaan data yang akurat tentang potensi Desa dan Aset yang dimiliki.

Narasumber Sukarelawan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Kabupaten Belu Suri Eduardus Lebo, dan Pengembang Sideka dari Kementerian Kominfo BP2DK Endang Mulyana dan Gozali Harda Kumara.

Peserta adalah Kepala Desa dan Aparatur Desa pengelola Sideka, Hadir saat pembukaan Bimtek ini, Para Camat dan Kepala Desa serta Undangan lainnya.(John Oriwis)


Statistik Web