Rapat Bersama Para Mitra, Even Edomeko : Mari Promosi dan Bangun Pariwisata Sikka Yang Lebih Baik

Dibaca 32 kali Administrator Rabu, 03 April 2024 - 16:34:26 WITA Berita

sikkakab.go.id,- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka kembali menggelar rapat bersama para mitra untuk bersinergi membangun dan mempromosikan pariwisata yang lebih baik dan maju lagi. Para mitra yang hadir dalam kegiatan ini yakni PHRI, HPI, ASITA, UMKM Unitas Kabupten Sikka, Akusikka, dan Komunitas MDC Maumere.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Sikka Evensius Edomemeko, S.Fil dalam sambutannya sangat mengharapkan para mitra pariwisata untuk tetap bekerja bersama seiring sejalan dengan Dinas dalam membangun Pariwisata Kabupaten Sikka. Para mitra pariwisata diharapkan bekerja dengan program-program kegiatannya dalam membangun pariwisata.
Lebih jauh Even Edomeko menyampaikan hal-hal yang menjadi bahan diskusi bersama antara lain  icon pariwisata untuk Kabupaten Sikka, kemasan paket wisata rohani, festival bawah laut dan festival budaya.

Para mitra pada kesempatan ini  berharap rapat ini perlu dilaksanakan dalam lingkup yang lebih luas lagi dengan mengundang perangkat daerah  terkat yang berhubungan dengan Pariwisata, para Kepala Desa yang masuk dalam Desa wisata sehingga adanya komunikasi yang sejalan dalam membangun pariwisata Sikka.

Sementara  itu Pj Sekda Margaretha Movaldes Da Maga Bapa dalam sambutannya berharap agar  sektor pariwisata bisa dikelola dengan baik.  Pengembangan pariwisata juga perlu didukung dengan sektor lainnya, seperti sektor industri kreatif, kemudahan akses transportasi dan lain sebagainya.

"Jadi kita perhatikan dari berbagai  segmen agar semuanya dapat saling berkesinambungan dengan potensi pariwisatanya, mulai dari potensi wisata alam, wisata buatan hingga wisata religi dan lain sebagainya," ungkap Femy Bapa.

Lebih lanjut Femy Bapa memaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sikka telah memiliki Rencana Induk Pariwisata. Dokumen ini  yang menjadi panduan  untuk membawa ke arah mana konsep pembangunan pariwisata  yang akan kita kembangkan di kabupaten Sikka ini, imbuhnya.
Hal penting dan utama yang harus diciptakan dalam pengembagan  pariwisata menurut Femy Bapa ialah perlu adanya sinergi yang kuat antara Pemerintah Kabupaten Sikka  dan Mitra serta stakeholder terkait untuk bersama-sama mendorong pengembangan pariwisata.

Dengan demikian kita mampu menjadikan kabupaten Sikka sebagai daerah tujuan wisata yang didukung dengan kreativitas dan kolaborasi kuat dengan berbagai pihak untuk maju secara bersama-sama," pungkas Femy Bapa.* (CC)


Statistik Web