TIGA PESAN MUFIDAH JUSUF KALLA UNTUK WANITA SIKKA

Dibaca 84 kali Administrator Kamis, 05 April 2018 - 10:46:12 WITA Berita

Maumere,- Saat berkunjung ke Puskesmas Beru, Jl. Kesehatan Maumere, Rabu (04/04/2018) siang tadi, Ibu Mufidah Jusuf Kalla menyampaikan tiga pesan untuk wanita di Kabupaten Sikka.

Tiga pesan yang disampaikan Mufidah Jusuf Kalla yakni jaga kesehatan agar sehat selalu, jangan lupa deteksi dini kanker pada perempuan dan jangan lupa Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis (TOSS TBC).

Tiga pesan ini disampaikan secara tertulis pada sebuah spanduk berwarna putih dan ditanda tangani oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Maria Bernadina Sada Nenu, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa kedatangan Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan ke Puskesmas Beru adalah untuk melihat secara langsung Kegiatan Pelayanan Deteksi Dini Leher Rahim dengan metode IVA.

“target peserta yang akan diperiksa IVA sebanyak 1000 orang yang akan dilayani selama dua hari, tanggal 4 dan 5 April pada setiap puskesmas yang ada. Hari ini (Rabu 04/04/2018) ada 154 peserta dan selanjutnya akan dilakukan deteksi IVA” jelas Bernadina Sada Nenu.

Lebih lanjut, Bernadina Sada Nenu, sebagaimana disampaikan kepada Ibu Mufidah Jusuf Kalla, menjelaskan bahwa Sikka masih mengalami kendala terkait dengan pelayanan deteksi dini kanker rahim.

Saat ini Sikka baru memiliki Tenaga yang ada saat ini 17 orang bidan terlatih, 4 dokter umum dengaan 1 set peralatan criotherapy. Kendala lain yang dihadapi adalah masih rendah pelaksanaan promosi ke masyarakat sehingga masyarakat belum banyak yang tahu dengan pelaksanaan kegiatan ini. Dari tahun 2015 hingga tahun 2017, jumlah perempuan yang sudah diperiksa IVA baru 1441 orang, dengan IVA positif ada 178 orang, dan yang melanjutkan Criotherapy hanya 8 orang.

“untuk itu sangat mengharapkan dan dukungan dari Pemerintah Pusat baik untuk pelatihan tenaga kesehatan khusus pemeriksaan IVA dan bantuan peralatan” harap Maria Bernadina Sada Nenu.

Usai menyampaikan arahan Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan menyalami para ibu yang akan melakukan pemeriksaan IVA serta undangan lain yang hadir. Setelahnya meninggalkan Puskesmas Beru. (djo)

 
   

 

 


Statistik Web