PERINGATI HKN, HAKLI SIKKA GELAR BHAKTI SOSIAL

Dibaca 36 kali Administrator Sabtu, 11 November 2017 - 09:13:33 WITA Berita

Maumere.- Memperingati HKN ke 53 dan Hari Pahlawan Tahun 2017, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Kabupaten Sikka melakukan bhakti sosial di Pasar Alok dengan rangkaian kegiatan Mengukur Kepadatan lalat sebagai vektor penyakit dan juga melakukan Inspeksi pasar Alok sebagai bagian dari Sanitasi Tempat Umum.

Demikian ini disampaikan Wakil Ketua HAKLI Sikka, Fransiscus Lepa Palle, AMKL. Saat dikonfirmasi usai kegiatan pada Jumad (10/11/2017) di Pasar Alok Maumere.

Selain Fransiscus Lepa Palle,AMKL, hadir juga pada kegiatan ini Sekretaris HAKLI Ida Paseng, AMKL; Bendahara HAKLI Helen Seda.Amd.KL; Humas HAKLI Yanuarius Feri.Amd.KL; dan Ketua Panitia Yulianto Bajo.Amd.KL. serta Anggota HAKLI Kabupaten Sikka  yang tersebar di Dinas kesehatan, RSUD dr T. C. Hillers, Puskesmas Kota dan Kecamatan.

Menurut Fransiscus, aksi yang dilakukan hanya sebagai langka inspeksi pasar atau meninjau sanitasi tempat umum salah satunya adalah Pasar Alok. Kedepan akan dilakukan hal yang sama ditempat umum lainnya.

Setelah melakukan inspeksi, Fransiscus meningatkan kepada para pengguna pasar supaya setelah selesai melakukan aktivitasnya agar membersihkan kembali tempat dagangannya dan tidak menunggu dari petugas kebersihan

“saya menghimbau kepada pengguna pasar untuk selalu membersihkan areal lapak jualan sehingga tidak menjadi sarang lalat dan akan menjadi sumber penyakit. Masyarakat harus mempunyai kesadaran untuk membersihkan lingkungan sekitar, tanpa harus menunggu petugas kebersihan” demikian harap Fransiscus.

Selanjutnya, akan ada tindak lanjut dari HAKLI terkait permasalahan yang didapat. Khususnya tentang pemilahan sampah untuk yang kering seperti sisa daun atau sayur dan sisa jaringan tubuh hewan yg dipotong juga sisa - sisa bulu hewan.

Ada beberapa titik, dilakukanya pengukuran kepadatan lalat di Pasar Alok, lokasi penjualan daging hewan, Lapak sayur, tempat penampungan sampah di pasar Alok dan  Warung Makan. (John Oriwis)


Statistik Web